HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Sibuhuan

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Sibuhuan

TINGKATKAN KOMPETENSI MANAJERIAL, SOSIAL-KULTURAL DAN TEKNIS-MANAJEMEN, SEKRETARIS PENGADILAN NEGERI SIBUHUAN MENGIKUTI PELATIHAN KEPEMIMPINAN ADMINISTRATOR SECARA ONLINE

on Selasa, 16 Februari 2021. Posted in Berita Terkini

TINGKATKAN KOMPETENSI MANAJERIAL, SOSIAL-KULTURAL DAN TEKNIS-MANAJEMEN, SEKRETARIS PENGADILAN NEGERI SIBUHUAN MENGIKUTI PELATIHAN KEPEMIMPINAN ADMINISTRATOR SECARA ONLINE

Sibuhuan_ Sekretaris Pengadilan Negeri Sibuhuan, T. Maharaja, S.Kom.,S.H. mengikuti diklat kepemimpinan administrator secara online. Hal ini didasarkan pada surat Kepala Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI Nomor 1132/Bld/SS/12/2020 tanggal 14 Desember 2020 tentang pemanggilan peserta Pelatihan online Kepemimpinan Administrator (PKA) angkatan III s.d V dari tempat kerja tahun 2021. Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) adalah pelatihan struktural kepemimpinan administrator dimana pesertanya adalah PNS yang telah memenuhi persyaratan untuk mengikuti PKA sebagaimana diatur dalam peraturan Lembaga Administrasi Negara No. 16 tahun 2019 tentang Pelatihan Kepemimpinan Administrator.T. Maharaja, S.Kom.,S.H. adalah satu dari 120 pejabat di lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya yang dinyatakan memenuhi persyaratan untuk mengikuti pelatihan ini. Meskipun masih menduduki jabatan eselon IV, beliau, T. Maharaja, S.Kom.,S.H. tetap dapat mengikuti pelatihan kepemimpinan administrator ini dikarenakan beliau lulus ujian seleksi peserta PKA yang diadakan Mahkamah Agung pada tahun 2020 lalu.

Jika pada tahun sebelumnya pelatihan ini diadakan di Megamendung, maka pada tahun ini Mahkamah Agung melalui Balitbangkumdil mengadakan Pelatihan Kepemimpinan administrator secara online. Mahkamah Agung sepanjang tahun 2020 dikarenakan pandemi covid-19 memang telah menggunakan media online sebagai sarana pelatihan atau pengembangan kompetensi bagi seluruh hakim dan aparatur peradilan di lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya. Pelaksanaan pelatihan ini selain diadakan secara online, secara keseluruhan tetap sama seperti sebagaimana seharusnya, yaitu berorientasi pada peningkatan kompetensi manajerial, sosial-kultural dan teknis-manajerial. Hal ini harus dibuktikan dengan adanya aksi perubahan dari tiap peserta yang nantinya berguna untuk menunjang akselerasi kinerja setidak-tidaknya di satuan kerja masing-masing peserta dan lebih global lagi dapat digunakan oleh seluruh satker di lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan dibawahnya. 

T. Maharaja, S.Kom.,S.H. untuk rancangan aksi perubahan mengambil judul Optimalisasi Kinerja Layanan Perkantoran Melalui Digitalisasi Data Pelaporan dengan Aplikasi " Edaran" di Pengadilan Negeri Sibuhuan Kelas II. Aplikasi Edaran ini akan sangat bermanfaat untuk pengelolaan kinerja dan user akan dimudahkan karena beliau, T. Maharaja, S.Kom.,S.H. akan menyediakan manual booknya juga. Beberapa manfaat aplikasi Edaran ini antara lain : memberikan kemudahan dalam pengaturan manajemen perkantoran, melancarkan penyelenggaraan pengadilan, membantu percepatan pengambilan keputusan bagi pimpinan, memudahkan memonitoring dan evaluasi kinerja organisasi, terutama pada saat ASN pada Pengadilan Negeri Sibuhuan sedang akan membuat Penilaian Capaian Kinerja (PCK) yang terhitung sejak bulan Oktober 2020 harus dilaporkan tiap satker ke Mahkamah Agung melalui aplikasi komdanas sebagai ukuran pantas tidaknya seorang ASN pada lingkungan Mahkamah Agung memperoleh tunjangan kinerja 100 %. Jika saat ini pelaksanaan pembuatan penilaian capaian kinerja masih dibuat secara manual menggunakan aplikasi Ms. Excel oleh masing-masing ASN, nantinya melalui aplikasi Edaran ini seluruh laporan capaian kinerja ASN pada Pengadilan Negeri Sibuhuan akan terintegasi dalam satu aplikasi dengan kata lain ASN pada Pengadilan Negeri Sibuhuan tidak perlu lagi membuat secara manual dan juga akan memudahkan atasan langsung dalam memberi persetujuan untuk capaian kinerja masing-masing bawahannya. Manfaat lain dari aplikasi ini adalah sebagai media penyimpanan seluruh laporan yang ada di Pengadilan Negeri Sibuhuan dan seluruh dokumen APM & ZI Pengadilan Negeri Sibuhuan. 

Ketua Pengadilan Negeri SIbuhuan ,Edwin Pudyono Marwiyanto, sebagai mentor sangat mendukung hal ini dan berharap agar aplikasi ini nantinya dapat dikembangkan lagi dan ilmu yang diperoleh oleh Sekretaris Pengadilan Negeri Sibuhuan, T. Maharaja, S.Kom.,S.H. selama Pelatihan Kepemimpinan Administrator ini agar dapat dibagi kepada seluruh yang ada di Pengadilan Negeri Sibuhuan.