HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Tugas Pokok & Fungsi

warp

Tupoksi

Di halaman ini dijelaskan mengenai tugas pokok dan fungsi dari unsur pimpinan dan komponen pengadilan                                                                                                

Tugas dan Fungsi Pengadilan Negeri Sibuhuan Kelas II

Tugas

Pengadilan Negeri Sibuhuan Kelas II merupakan lingkungan peradilan umum tingkat pertama di bawah Pengadilan Tinggi Medan yang menjadi kawal depan ( Voorj Post ) Mahkamah Agunng Republik Indonesia, sebagai pelaksana kekuasaan kehakiman yang merdeka untuk menyelenggaran peradilann guna menegakkan Hukum dan Keadilan. Pengadilan Negeri Sibuhuan sebagai Pengadilan Tingkat Pertama bertugas dan berwenang menerima, memeriksa, memutus perkara yang masuk di tingkat pertama.

Fungsi

Adapun fungsi dari Pengadilan Negeri Sibuhuan antara lain:

  • Fungsi Mengadili ( Judisial Power ) ; yakni menerima, memeriksa, mengadili dan menyelesaikan perkara - perkara yang menjadi kewenangan pengadilan dalam tingkat pertama.
  • Fungsi Pembinaan ; yakni memberikan pengarahan, bimbingan dan petunjuk kepada pejabat struktural dan fungsional di bawah jajarannya,baik menyangkut teknis yudisial, administrasi peradilan, maupun administrasi perencanaan / teknologi informasi, umum / perlengkapan, keuangan, kepegawaian dan pembangunan.
  • Fungsi Pengawasan ; yakni mengadakan pengawasan melekat atas pelaksanaan tugas dan tingkah laku Hakim, Panitera, Sekretaris, Panitera Pengganti, dan Jurusita / Jurusita Pengganti di bawah jajarannya agar peradilan diselenggarakan dengan seksama dan sewajarnya dan terhadap pelakasanaan administrasi umum kesekretariatan rta pembangunan.
  • Fungsi Nasehat ; yakni memberikan pertimbangan dan nasehat tentang hukum kepada instansi pemerintah di daerah hukumnya, apabila diminta.
  • Fungsi Administratif ; yakni menyelenggarakan administrasi peradilan ( teknis dan persidangan ) dan administrasi umum ( perencanaan teknologi informasi / pelaporan, kepegawaian / organisasi / tatalaksana dan keuangan / umum / perlengkapan ).
  • Fungsi lainnya ; antara lain melaksanakan Pelayanan penyuluhan hukum, pelayanan riset / penelitian dan sebagainya serta memberi akses yang seluas - luasnya bagimasyarakat dalam era keterbukaan dan transparansi informsi peradilan, sepanjang diatur dalam Keputusan Ketua Mahlamah Agung RI Nomor : 1-114/KMA/SK/1/SK/VIII/2007 tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan.

 

Ketua dan Wakil Ketua

  • Ketua mengatur pembagian tugas para Hakim, Pembagian berkas perkara dan surat - surat lain yang  berhubungan dengan perkara yang diajukan kepada Majelis Hakim untuk diselesaikan.
  • Mengadakan pengawasan dan pelaksanaan tugas dan tingkah laku Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional, serta perangkat administrasi peradilan di daerah hukumnnya.
  • Menjaga agar penyelenggaraan peradilan terselenggara dengan wajar dan seksama.

 

Majelis Hakim

  • Melaksanakan tugas kekuasaan kehakiman di daerah hukumnya.

 

Panitera

  • Panitera bertugas menyelenggarakan administrasi perkara, dan mengatur tugas Wakil Panitera, para Panitera Muda, Panitera Pengganti, serta seluruh pelaksana di bagian teknis Pengadilan Negeri Sibuhuan.
  • Panitera Bertugas membantu Hakim dengan mengikuti dan mencatat jalannya persidangan.
  • Panitera  membuat daftar perkara - perkara perdata dan pidana yang diterima di Kepaniteraan.
  • Panitera membuat slinan putusan menurut ketentuan undang - undang yang berlaku.
  • Panitera bertanggung jawab atas pengurusan berkas perkara, putusan, dokumen, akta, buku daftar, biaya perkara, uang titipan pihak ketiga, surat - surat berharga, barang bukti dan surat - surat lainnya yang disimpan di kepaniteraan.
  • Dalam perkara Perdata Panitera bertugas melaksanakan putusan Pengadilan.

 

Wakil Panitera 

  • Membantu Panitera di dalam membina dan mengawasi pelaksanakan tugas - tugas administrasi perkara.
  • Membantu Hakim dengan mengikuti dan mencatat jalannya persidangan.
  • Melaksankan tugas Panitera apibila Panitera berhalangan.
  • Melaksankan tugas yang didelegasikan kepadanya.

 

Sekretaris

  • Membantu Sekretaris dalam melaksanakan tugas dibidang Administrasi Umum / Kesekretariatan.
  • Mengkoordinir tugas - tugas kepala Sub Bagian Umum, Kepegawaian dan Keuangan.
  • Sekretaris sebagai pejabat pembuat komitmen / penanggung jawab kegiatan bertugas :
  • Membuat dan menandatangani kontak / SPK dan surat - surat lain yang berhubungan dengan pengadaan barang / jasa atau membuat perikatan dengan pihak penyedia barang / jasa yang mengakibatkan pengeluaran anggaran belanja.
  • Menyiapkan dokumen pendukung yang lengkap dan benar serta membuat dan menandatangani Surat Pembayaran (SPP) yang dikirimkan ke Kuasa Pengguna ANggaran kemudian diteruskan kepada Sub Bagian Keuangan.
  • Membuat evaluasi pelakanaan kegiatan secara berkala.
  • Sekretaris bertugas menyelenggaran administrasi umum, mengatur tugas Wakil Sekretaris , para Kepala Sub Bagian, serta seluruuh pelaksana dibagian Kesekretariatan Pengadilan Negeri Sibuhuan.
  • Sekretaris selaku Kuasa Pengguna Anggaran bertanggung jawab atas penggunaan anggaran.
  • Sekretaris selaku kuasa Pengguna Barang bertanggung jawab atas keberadaan dan pemanfaatan Barang Milik Negara ( BMN ).

 

Panitera Muda Perdata

  • Membantu Hakim dengan mengikuti dan mencatat jalannya persidangan.
  • Melaksanakan administrasi perkara, mempersiapkan persidangan perkara, menyimpan berkas perkara yang masih berjalan dan urusan lain yang berhubungan dengan massalah perkara perdata.
  • Memberi nommor register pada setiap perkara yang diterima di Kepaniteraan Perdata.
  • Menyerahkan salinan putusan kepada para pihak yang berperkara bila diminta.
  • Menyiapkan berkas perkara sallinan putusan kepada para pihak yang berperkara bila diminta.
  • Menyiapkan berkas perkara yang dimohonkan banding, kasasi atau peninjauan kembali.
  • Menyerahkan berkas perkara in akti kepada Panitera Muda Hukum.

 

Panitera Muda Pidana

  • Membantu Hakim dengan mengikuti dan mencatat jalanannya persidangan.
  • Melaksanakan administrasi perkara, mempersiapkan persidangan perkara, menyimpan berkas perkara yang masih berjalan dan urusan lain yang berhubungan dengan masalah perkara pidana.
  • Memberi nomor register pada setiap perkara yang diterima di Kepaniteraan Pidana.
  • Menyerahkan salinan putusan kepada Jaksa, Terdakwa atau kuasanya dan Lembaga Pemasyarakatan apabila Terdakwa ditahan.
  • Menyiapkan berkas perkara yang dimohonkan banding, kasasi atau peninjauan kembali.
  • Menyerahkan berkas perkara in aktif kepada Panitera Muda Hukum.

 

Panitera Muda Hukum 

  • Membantu Hakim dengan mengikuti dan mencatatt jalannya persidangan.
  • Mengumpulkan, mengolah dan mengkaji data, menyajikan statistik perkara,menyusun laporan perkara, menyimpan arsip berkas perkara dan tugas lain yag diberikan berdasarkan peraturan yang berlaku.

 

Panitera Pengganti

  • Membantu Hakim dengan mengikuti dan mencatat jalannya persidangan.
  • Membuat berita acara persidangan.
  • Membuat Hakim dalam melaporkan kepada Panitera Muda bersangkutan berkenaan dengan penundaan hari sidang, perkara yang sudah putus berikut amar putusannya.
  • Membuat penetapan hari sidang.
  • Membuat penetapan terdakwa tetap ditahan, dikeluarkan dari tanahan atau dirubah jenis penahannya.
  • Mengetik putusan.
  • Menyerahkan berkas perkara kepada Panitera Muda bersangkutan bila telah selesai diminutasikan.

 

Jurusita / Jurusita Pengganti 

  • Melaksankan semua perinntah yang diberikan oleh Ketua Pengadilan, Ketua Sidang dan Panitera.
  • Melaksanakan pemanggilan atas perintah Ketua Pengadilan atau atas perintah Hakim.
  • Menyampaikan pengumuman - pengumuman, teguran - teguran ,protes - protes dan pemberitahuan Putusan Pengadilan menurut cara - cara berdasarkan ketentuan Undang - Undang.
  • Melakukan penyitaan atas perintah Ketua Pengadilan dan dengan teliti lokasi batas - batas tanah yang disita beserta surat -surat yang sah apabila menyita tanah.
  • Membuat berita acara penyitaan yang salinan resminya diserahkan kepada pihak - pihak yang berkepentingan antara lain kepada BPN setempat bila terjadi penyitaan sebidang sebidang tanah.

 

Sub Bagian Umum & Keuangan 

  • Mencatat dan mendistribusikan surat - surat masuk dan surat - surat keluar.
  • Menyelenggarakan pengadaan barang persediaan untuk keperluan operasional kantor.
  • Menyimpan dan memelihara surat - surat bukti kepemilikan Barang Milik Negara.
  • Menyelenggarakan administrasi Persediaan dan Barang Milik Negara serta membuat laporan Barang Milik Negara semester dan tahunan.
  • Menyelenggarakan perawatan perlengkapan kantor dan gedung kantor sesuai dengan rencana dan anggaran yag telah ditetapkan.
  • Mengkoordinir dan mengawasi kebersihan halaman dan gedung kantor.
  • Menyelenggarakan administrasi perpustakaan.
  • Menyusun Rencana Kegiatan dan Penarikan Dana pada tahun berjalan.
  • Menyusun Rencana Kerja dan Anggaran untuk tahun anggaran berikutnya.
  • Menerima dan menguji SPP beserta kelengkapannya untuk kemudian menerbitkan SPM.
  • Melaksanakan tuags pembendaraan yang bersumber dari PNBP dan APBN (DIPA).
  • Membuat laporan keuangan secara periodik ( Bulanan, Triwulanan, Semesteran dan Tahunan).

 

Sub Bagian Kepegawaian Organisasi Tata Laksana 

  • Menata dan memelihara file / berkas kepegawaian pegawai.
  • Menyusun dan membuat Daftar Urut Kepangkatan, daftar urut senioritas dan Bezetting.
  • Mengusulkan pengangkatan Pegawai Negeri Sipil, kenaikan pangkat, pengangkatan dalam jabatan, mutasi, tanda kehormatan dan pensiun.
  • Mengusulkan penerbitan akses, karpeg, karis / karsu dan taspen.
  • mempersiapkan bahan dan mencatat seluruh hasil untuk rapat Baperjakat.
  • Menyiapkan penyeleggarakan penyumpahan PNS dan penyumpahan / pelanyikan jabatan.
  • Mengusulkan formasi CPNS.

 

Sub Bagian Perencanaan IT Pelaporan 

  • Melaksanakan penyiapan bahan pelaksanaan program dan anggaran.
  • Melaksanakan penyiapan bahan pelaksanaan pengelolaan teknologi informasi dan statistik.
  • Melaksanakan penyiapan bahan pelaksanaan pemantauan, evaluasi dan dokumentasi serta pelaporan.